Indonesia Kian Favorit Destinasi Wisata Kapal Pesiar

Created on Thursday, 11 January 2018
Seiring tumbuhnya generasi milenial, industri pariwisata yang menyediakan kenikmatan hidup (leisure) pun tumbuh. Kapal-kapal pesiar menjanjikan tingginya kunjungan wisatawan ke seluruh Nusantara dan ikut mendongkrak ekonomi daerah.

 

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini terkejut melihat sebuah bangunan lebar dengan tinggi menjulang di Dermaga Pelabuhan Tanjung Perak milik Pelindo. Ia pun bersiap menegur manajemen Pelindo III yang menyambut kedatangannya, namun urung dilakukan setelah menerima penjelasan bahwa itu adalah kapal pesiar asal Hongkong, Genting Dream Cruise (GDR). 

Dari gerbang masuk Pelabuhan, kapal pesiar terbesar ke-15 di dunia itu terlihat seperti sebuah bangunan hotel atau gedung perkantoran. Peristiwa itu diceritakan Risma saat Ia memberikan sambutan di Zodiak Theatre di dalam GDR medio Desember lalu. Kapal buatan Jerman itu memiliki panjang 335 meter dengan lebar 40 meter dan memiliki 18 lantai dek.

“Sangat bangga, kalian datang ke kota sarat akan sejarah ini,” kata Risma di depan penumpang kapal pesiar dan juga kru kapal. Risma mengungkapkan, kehadiran kapal pesiar di Kota Pahlawan itu terus meningkat dari tahun ke tahun. Pemkot Surabaya sangat serius membangunsektor pariwisata bersama seluruh stakeholder. Menurut Risma, dibandingkan tahun sebelumnya, target jumlah pengunjung tahun ini sudah terlampaui. “Dalam satu tahun bisa enam kali disinggahi kapal pesiar dan jumlah pengunjung mencapai empat ribu hingga enam ribu wisatawan,” jelasnya.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 73 Januari 2018

 

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia