Geopark Ciletuh, Keelokan yang Menantang Adrenalin

Created on Tuesday, 31 January 2017
Setiap sudut bentang alamnya adalah wahana uji nyali yang menantang adrenalin. Jadi, jangan mengaku adventure traveller, bila belum menyambangi Ciletuh, taman bumi nan elok ini.

 

Kawasan wisata Ciletuh, yang merupakan geopark atau taman bumi nasional berada di daerah Jampang, yang meliputi lima wilayah desa di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dikelilingi bukit-bukit hijau menawan dan tebing padas berhias air terjun. Mereka yang sampai ke Ciletuh, setelah menempuh perjalanan yang tidak mudah, akan dibuat kagum dan mensyukuri suguhan pemandangan luar biasa itu, sebagai surga tersembunyi. 

“Pokoknya ajib (luar biasa) banget. Teman-teman yang suka tantangan, wajib ke sana. Memang sih, untuk sampai Ciletuh, jalannya cukup sulit. Tapi, begitu melihat pemandangan yang sangat indah itu, perjalanan berat yang kita lalui, tidak ada apa-apanya. Bagus banget bro!” ujar Irwan, mahasiswa yang juga backpacker asal Surabaya. 

Irwan dan tujuh rekannya mengunjungi Geopark Ciletuh, akhir Oktober 2016. Dari Jakarta, dengan mobil menuju Sukabumi. Setelah bermalam di Kota Sukabumi, selepas subuh, mereka melanjutkan touring ke Ciletuh. Rutenya, melewati Bagbagan, Pal Tiga, Waluran, Tamanjaya, kemudian Ciwaru. Jalanan naik-turun dan banyak tikungan tajam. Harus ekstra hati-hati. Ada beberapa ruas jalan yang sulit dilalui bila berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan. Ketika itu, perlu waktu lebih dari lima jam untuk sampai Desa Ciwaru.   

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 62

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia