Menikmati Sensasi Air Panas Alami di Ciater

Created on Friday, 04 November 2016
Berendam di kolam pemandian air panas, di tengah sejuknya udara pegunungan, bisa jadi pilihan asyik mengisi libur akhir pekan. Tertarik? Yuk, ke Ciater, dan nikmati sensasinya.

Kawasan di antara perkebunan teh, yang berada di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat, ini menjadi salah satu destinasi wisata wajib dikunjungi di Bandung. Letaknya yang tak jauh dari Lembang, hanya sekitar 20 menit bila ditempuh dengan mobil, membuat Ciater lebih identik dengan Bandung.

Air panas alami yang mengalir di kolam-kolam pemandian di Ciater, bersumber dari Gunung Tangkuban Parahu di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dengan ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dikelilingi hamparan perkebunan teh, udara di Ciater pun masih terasa sejuk, layaknya di pegunungan. Ada banyak pilihan kolam pemandian air panas di Ciater. Namun, yang sudah cukup dikenal adalah tempat wisata air panas di sekitar Sari Ater Hotel and Resort. 

Lokasi pemandian air panas di Ciater tidak hanya di kolam-kolam yang disediakan pengelola tempat wisata maupun hotel/penginapan dan sudah “diatur” temperatur panasnya. Namun, ada juga yang masih alami, air panas dari hulu di Tangkuban Parahu mengalir di sungai sepanjang kawasan Ciater. Jika Anda memilih untuk menikmati sensasi mandi atau berendam di air panas di sungai, sebaiknya tidak langsung nyemplung. Sebab, suhu air panas yang mengalir di sungai diperkirakan lebih dari 43 derajat celcius. Sedangkan, air panas yang dialirkan ke kolam pemandian, pancuran, atau kolam berenang rata-rata 34-37 derajat celcius.

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 59

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia