Kerajinan Kulit Garut, Magnet bagi Wisatawan

Aneka produk kerajinan kulit khas Garut, Jawa Barat itu menarik perhatian pengunjung bazar. Mang Oding, si penjaga stan pun terlihat sibuk melayani pembeli atau mereka yang sekadar melihat-lihat dan bertanya.

UKM Batik Madura Mampu Tembus Ekspor

Pemberdayaan kepada ibu-ibu yang Uswatun garap di desanya tidak hanya  bermanfaat bagi keenam pekerja tetapnya saja, namun kini juga dirasakan 22 pekerja tidak tetap yang dilibatkan dapat proses produksi. Mereka membantu produksi, terlebih pada saat banyak pesanan. 

Sediakan Air Minum secara Mandiri

Gempa yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2006 mengakibatkan beberapa desa di Kabupaten Bantul mengalami krisis air minum. Dewan Riset Daerah (DRD) DIY menginisiasi warga untuk menyediakan kebutuhan air minum secara mandiri.

Membatik Makin Cepat Berkat Mesin Kelowong

Sejumlah pengunjung berkerumun di depan mesin batik kelowong Computer Numeric Control (CNC) yang dipajang di salah satu stan pameran. Mereka terkagum-kagum cepatnya membuat kelowong (pola dasar batik) dengan mesin tersebut.

Kursi Koran Bekas yang Disukai Presiden

Melihat sepintas, tak ada yang istimewa dari meja dan kursi itu. Namun, ketika mengetahui dibuat dari koran, siapa pun sulit untuk percaya. Termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Supaya Rasa Rendang Tak Cepat Hilang

Sekilas tampak aneh, ketika dalam sebuah seminar internasional Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) menyajikan sepiring rendang bagi para pengunjung. Orang pun berlomba-lomba untuk mencicipi. Namun tak satu pun menduga kalau rendang yang lezat itu telah berumur hampir dua bulan.

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia