Dunia 2025 versi Peter Diamandis

Created on Tuesday, 12 December 2017
Pada tahun 2025 adalah era dunia berkelimpahan di mana manusia dapat memenuhi kebutuhan dasar setiap pria, wanita dan anak.

 

Bayangkan kita hidup 10 tahun yang lalu.  Video pertama diunggah ke YouTube.  Facebook, yang balita melepaskan “the” dari URL lamanya “thefacebook.com” setelah mengakuisisi “facebook.com” seharga $ 200K.  Prototipe awal sebuah mobil otonom menyelesaikan Grand Challenge DARPA untuk pertama kalinya. Istilah “Drone” baru diperkenalkan dalam sistem senjata militer. Bitcoin & Blockchain belum ada. 

Saat itu, Android juga masih startup kecil yang baru diakuisisi Google. Ada 6,4 miliar manusia di Bumi, belum sampai 1 miliar yang online. Dan tidak satupun dari mereka pernah mendengar tentang Uber atau AirBnb.

Kini, YouTube sudah memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Yang menonton video ratusan juta jam setiap hari. Setiap menit ada 300 jam video diunggah ke YouTube.  Facebook memiliki 1,4 miliar pengguna dari setiap negara di Bumi. Setiap produsen mobil utama mengerjakan model otonom, dan mobil otonom Google telah mencatat lebih dari 1 juta mil mengemudi sendiri.

Sekarang, drones bisa digunakan oleh anak-anak. Siapa pun bisa membelinya dengan harga mulai dari $ 50 sampai $ 1500. Perusahaan dengan konsumen terbesar DJI (berdiri 2006) dihargai $ 10 miliar. Pada saat yang sama, Bitcoin dan Blockchain telah mengumpulkan ratusan juta modal ventura dan berpotensi berpotensi mengganggu seperti Internet itu sendiri (lihat di bawah). Google sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna Android aktif. 

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia