Ayo Kita Siapkan Generasi Sainspreneur

Created on Friday, 02 November 2012

artikel-sainspreneur Dengan jumlah penduduk yang menyentuh 237.641.326 jiwa (data sensus penduduk 2010 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik), seharusnya Indonesia dapat memainkan peran penting dalam arus perekonomian dunia

Dengan jumlah penduduk yang menyentuh 237.641.326 jiwa (data sensus penduduk 2010 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik), seharusnya Indonesia dapat memainkan peran penting dalam arus perekonomian dunia. Namun, kiprah yang seharusnya dapat terukir dengan baik itu tidak banyak mendapat dukung-an dari sejumlah elemen bangsa. Kemampuan rakyat negara ini untuk berbicara di tingkat dunia seolah tertahan oleh banyak perilaku ‘nurut’ yang ditanamkan pada diri kita sejak kecil.

Sejak kecil, baik disengaja atau tidak, kita telah terjebak pada pola pikir yang salah. Pola pikir tersebut, kita selalu diarahkan untuk menjadi calon-calon pekerja andal. Sebagian besar masyarakat terkungkung pada zona nyaman, dimana semuanya terasa serba mudah jika menjadi pesuruh, karyawan, ataupun menjadi pegawai pabrik. Tinggal menjalankan perintah maka uang pun akan datang sendiri.

Paradigma seperti ini tidak sepenuhnya salah, namun apa jadi-nya jika negara ini hanya dipenuhi oleh calon-calon karyawan baru tiap tahunnya, sedangkan lapangan pekerjaan terbatas. Kapan Indonesia bisa maju kalau setiap tahun pengangguran baru terus bertambah. Kita bisa dan sudah seharusnya menghapuskan paradigma kuno yang masih dipertahankan oleh masyarakat. Caranya, ya dengan diintensifkannya pembinaan pada gene-rasi muda tentang pentingnya jiwa entrepreneur.

Satu yang yang juga harus disa-dari bersama bahwa pembinaan generasi entrepeneur ini tidak hanya merupakan tanggung jawab sektor formal, tapi juga merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Perlu ada lingkungan yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya jiwa entrepreneur tersebut.

Artikel selengkapnya bisa anda baca di Majalah SAINS Indonesia Edisi 11

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia