Tanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Muda

Created on Thursday, 04 October 2012

sainspreneur 04 Pola pikir bagaimana membuka lapangan kerja, paling tidak untuk diri sendiri, belum jadi tantangan apalagi kebiasaan.

Jadi sarjana belum menjamin lulusan perguruan tinggi dapat pekerjaan. Sering terjadi lulusan perguruan tinggi susah cari kerja. Untuk mendapatkan pekerjaan, harus punya pengalaman kerja. Lalu, bagaimana mendapatkan pekerjaan kalau belum berpengalaman sama sekali?

Ilustrasi itu menunjukkan perlu cara berpikir baru. Bukan dari kalangan mahasiswa saja, tetapi juga masyarakat. Sudah terlanjur terbentuk pandangan, cari kerja adalah tahapan lanjut begitu jadi sarjana. Pola pikir masyarakat, termasuk di dunia pendidikan, masih terbatas pada menjadi pekerja.Belum memberi pekerjaan.


Pola pikir bagaimana membuka lapangan kerja, paling tidak untuk diri sendiri, belum jadi tantangan apalagi kebiasaan.

Bagaimana menciptakan pekerjaan dengan kemampuan dan modal terbatas supaya mendatangkan penghasilan? Berpikir atau jadi wirausaha (entrepreneur)  harus jadi diskursus masyarakat, termasuk di dunia pendidikan. Paling tidak bisa mendorong sebagian lulusannya jadi wirausaha dan sebagian besar berjiwa wirausaha.

Artikel selengkapnya bisa anda baca di Majalah SAINS Indonesia Edisi 10

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia