Merekam Perekonomian Indonesia Sepanjang 1997 – 2012

Created on Thursday, 04 October 2012

sains ekonomi 02 Indonesia beruntung, ternyata krisis adalah vaksin yang membuat kita kebal menghadapi goncangan ekonomi dunia pada tahun 2008 sampai saat ini, tahun 2012.

Mungkin kita masih ingat kondisi perekonomian Indonesia pada tahun 1997 dan 1998 lalu. Efek domino dari krisis moneter merembet ke krisis ekonomi sampai akhir-nya menusuk ke krisis politik sehingga Indonesia mengala-mi krisis multi dimensional.

Bahkan, kala itu,  negara kita diolok-olok oleh pemberitaan asing hingga masuk pula pada beberapa Film Box Office Hollywood.


Wah, rasanya sangat malu mengaku jadi Warga Negara Indonesia saat itu. Saya dan banyak rakyat Indonesia  menjadi sangat khawatir, apakah kita siap menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas yang telah ditandatangani melalui KTT APEC, yang termaktub di dalam Deklarasi Bogor 1994?  Pesimisme menyebar kemana-mana.


Sekarang, tahun 2012, saya tercengang mende-ngar berita di Brava Radio 103.8 FM, yang menyatakan bahwa Indonesia merupakan ne-gara dengan pertumbuhan tertinggi jumlah orang superkayanya di Asia, yang mencapai pertumbuhan 25 %. Dan, mungkin saja, salah satu yang tertinggi di dunia.

   
Saat ini, Indonesia merupakan 15 besar kekuatan ekonomi dunia dan menduduki urutan dua terbesar kekuatan ekonomi Asia setelah China.

Artikel selengkapnya bisa anda baca di Majalah SAINS Indonesia Edisi 10

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia