Mencari Model Mesin Fotosintetis Buatan

Kelak, fotosintetis dapat dilakukan oleh organisme mana pun. Waktunya fleksibel, dapat berlangsung kapan pun sesuai kebutuhan. Tak harus ada sinar matahari. Tidak juga tergantung pada ada tidaknya zat hijau daun, klorofil. 

2050, Generasi Superhumans Lahir

Sains dan teknologi terus berkembang. Kian lama semakin cepat dan canggih. Seorang futurolog memprakirakan, kemajuan sains memungkinkan lahirnya species baru, Homo optimus. Generasi baru manusia super yang jauh lebih unggul dari manusia modern.

Ceres Berair Mars One Kian Prospektif

Memasuki awal 2017 satu kabar gembira hadir bagi komunitas penjelajah jagat raya. Dua wahana antariksa, Herschel Telescope dan Spacecraft Dawn, berhasil menjejak sumber air di asteroid Ceres.

Nobel Kimia untuk Ahli Mesin Molekuler

Akademi Sains Kerajaan Swedia memutuskan Hadiah Nobel Kimia 2016 jatuh pada tiga ahli kimia molekuler. Yaitu Jean-Pierre Sauvage (University of Strasbourg, Prancis), Sir J Fraser Stoddart (Northwestern University, Evanston, IL, USA) dan Bernard L Feringa (University of Groningen, Belanda).

Menyibak Materi dan Energi Gelap

Telah puluhan tahun dikaji, alam semesta masih menyimpan banyak misteri. Serangkaian kemajuan sains mutakhir baru dapat menjelaskan sebagian kecil isi jagat raya. Sisanya, lebih dari 95%, masih berupa materi dan energi gelap.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia