Mengenang 350 Tahun Perjanjian Breda

Created on Tuesday, 12 December 2017
Perjanjian Breda merupakan salah satu peristiwa paling menarik di dunia. Dalam traktat yang terjadi 350 tahun lalu, Inggris sepakat menukar Pulau Rhun dengan Pulau Nieuw Nederland yang dikuasai Belanda.

 

Pasca perang Anglo Dutch II pada 1665-1667, Inggris dan Belanda melakukan sebuah perjanjian damai di Kastil Breda. Perjanjian yang dikenal dengan Treaty of Breda itu menyepakati pertukaran Pulau Rhun, sebuah pulau vulkanik kecil di Kepulauan Banda yang kala itu dikuasai Inggris, dengan Nieuw Nederland, tanah rawa di bawah kekuasaan Belanda yang kelak dikenal dengan Pulau Manhattan. 

Traktat Breda pada kenyataannya hanya berlaku 5 tahun, karena pada 1672, kedua negara itu akhirnya berperang lagi. Dalam perkembangannya kemudian, Manhattan sebagai bagian dari New York tumbuh pesat menjadi pusat keuangan dan perdagangan dunia. Sementara Pulau Rhun yang kaya akan pala dan cengkeh justru kini hanya tinggal sejarah. 

Mengenang 350 tahun perjanjian Breda, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bekerja sama dengan Pemprov Maluku menggelar seminar bertajuk “350th anniversary of the treaty of Breda,” di Banda Neira, 11 November 2017. Staf Ahli Bidang Administrasi dan Hubungan Antar Lembaga Kemenko Bidang Kemaritiman, Asep Djembar Muhammad mengatakan peringatan ini tidak dimaksudkan sekadar mengenang masa kolonialisme, melainkan dampak perjanjian yang bersifat lebih global. 

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia