MSI Jadi Koleksi Pertama Perpustakaan KRI Bima Suci

Created on Tuesday, 12 December 2017
 

 

Menteri Koordinator Kemaritiman periode 2014 – 2015, Indroyono Soesilo, menyerahkan beberapa buku dan Majalah Sains Indonesia (MSI) kepada Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut Widyatmoko Baruno Aji. MSI dan bukubuku karya Indroyono dan Laksamana TNI (Purn) Marsetio itu pun menjadi koleksi pertama perpustakaan KRI Bima Suci. 

Penyerahan dilakukan di atas geladak Bima Suci, di sela-sela acara pelepasan peserta dan satuan tugas (Satgas) Sail Sabang 2017, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (20/11).  “Saya dengar perpustakaan di kapal ini masih kosong ya? Mudah-mudahan buku-buku dan Majalah Sains Indonesia ini bermanfaat untuk para taruna, dan bisa jadi teman berlayar. Saya yakin ini akan memberi banyak informasi amat penting, sebagai bekal pengetahuan Anda semua,” kata Indroyono, sambil memberikan buku karyanya “Iptek Pertahanan Penopang Indonesia Poros Maritim Dunia”. 

Penasehat Kehormata Menteri Pariwisata ini berharap, apa yang ia dan Laksamana Marsetio lakukan tersebut, menginspirasi siapa pun untuk menyumbangkan juga buku maupun bahan bacaan lainnya. “Kapal hebat ini harus punya koleksi bacaan yang lengkap di perpustakaannya. Anda semua mesti gemar membaca, supaya semakin banyak pengetahuan yang didapat,” pesan Indroyono.   

Dari Tanjung Priok, KRI Bima Suci berlayar membawa para taruna TNI Angkatan Laut (AL) menuju Sabang, untuk mengikuti rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017. Bagi KRI Bima Suci ini merupakan pelayaran perdana mengarungi perairan Tanah Air, menuju Sabang. Kapal yang dibuat di galangan Freire Shipyard, Spanyol tersebut baru tiba di Indonesia pada September lalu. KRI dengan total jumlah layar sebanyak 26 layar ini, akan menggantikan KRI Dewaruci, sebagai kapal latih taruna akademi Angkatan Laut. Sedangkan KRI Dewaruci, yang telah 64 tahun mengemban misi dan menjadi kebanggaan RI, akan dimuseumkan.

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia