Si Mantap Aplikasi Andal Pemantau Iklim

Created on Tuesday, 12 December 2017
 

 

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) baru saja meluncurkan Sistem Informasi Pemantauan Tanaman Pertanian (Si Mantap). Kepala Balitbangtan, Muhammad Syakir mengatakan sistem ini disiapkan untuk memantau kondisi pertanian dan membantu para pengambil kebijakan dalam menghadapi perubahan iklim yang sudah, sedang dan akan terus terjadi. 

“Si Mantap memberikan informasi tentang pemantuan kondisi tanaman padi, jagung, tabu, cabai, dan bawang merah, serta kondisi kekeringan lahan untuk membantu asuransi pertanian dalam mendukung upaya khusus (Upsus) yang digalakkan Kementerian Pertanian (Kementan),” ujar Kepala Balitbangtan kepada Majalah Sains Indonesia di Bogor (21/11).

Syakir menambahkan, secara umum sistem berbasis penginderaan jauh ini menyajikan informasi bersifat dinamik tentang pemantauan komoditas pertanian dalam bentuk spasial (peta), tabular, dan grafik. Si Mantap akan menunjukkan fase perkembangan tanaman dan menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan, termasuk efisiensi penggunaan pupuk, waktu panen, dan antisipasi bencana.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia