Nama Nurtanio Untuk N-219

Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2017, Presiden Jokowi meresmikan nama Pesawat  Terbang N-219 NURTANIO produksi PT Dirgantara Indonesia sebagai penghormatan kepada Tokoh Penerbangan Nasional, Laksamana Muda Udara Nurtanio Pronggoadisuryo. 

Indonesia Segera Miliki Observatorium Nasional di Kupang

 

Tahun ini, Observatorium Nasional (Obnas) di pegunungan Timau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dibangun. Kelak, Obnas Timau akan menjadi pengawas langit terbesar di ASEAN sekaligus menjadi lokasi wisata alam serta pusat penelitian dan teknologi keantariksaan.

Ujung Tombak Industri Penerbangan Nasional

Kementerian Perindustrian telah mengusulkan pesawat R80 sebagai proyek strategis nasional 2017. Hal ini diapresiasi oleh mantan Presiden BJ Habibie yang optimistis pesawat R80 akan menjadi ujung tombak industri penerbangan Indonesia

Satelit Telkom 3S Perluas Akses Informasi

Gelegar dahsyat terdengar dari roket Ariane 5 yang bergerak menembus langit. 14 Februari lalu, satelit Telkom 3S meluncur menuju orbitnya. Satelit komunikasi ini diklaim mampu mengurangi kesenjangan akses informasi di seluruh wilayah Indonesia.

Pesawat N245 Tingkatkan Konektivitas

Sukses merancang pesawat N219, Lapan juga berhasil mendesain pesawat N245 dengan kapasitas 50 penumpang. Pesawat ini sudah diperkenalkan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) di situs resminya dan diharapkan bisa meningkatkan konektivitas 295 bandara di Indonesia.

Menepis Teori Penganut Bumi Datar

Pandangan bahwa Bumi datar kembali ramai diperbincangkan. Pembahasan tentang teori yang lama berkembang ratusan tahun lalu itu kini bangkit kembali, menjadi kontroversi terpanas sepanjang 2016. 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia