Alien-Lox Android Pengaman Motor

Created on Friday, 29 April 2016
Masih merasa “was-was” saat meninggalkan motor di parkiran? Atau Anda sering lupa meninggalkan kunci motor? Alien-Lox, sistem pengamanan ganda berbasis android hadir menawarkan solusi  alternatif.

 

Berawal dari keprihatinan maraknya pencurian sepeda motor, Hambali Nasuha, mahasiswa Institut Teknologi Indonesia (ITI) - Tangerang Selatan, terdorong untuk berinovasi. Hasilnya mereka berhasil menciptakan sistem pengamanan ganda menggunakan smartphone berbasis android.

Hambali mengungkapkan motivasinya membuat alat yang diberi nama Alien-Lox itu. “Setahun lalu, sering kali teman-teman saya di ITI kehilangan motor. Sampai sekarang pun kampus saya masih pakai sistem parkir manual, jadi secara keamanan memang masih kurang,” jelas Hambali ketika ditemui Majalah Sains Indonesia di pusat penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi (Puspiptek) Tangerang beberapa waktu lalu.

Dari situlah ia termotivasi membuat alat keamanan ganda yang bisa diakses lewat smartphone. Alasannya sederhana, penggunaan gadget pribadi, menurut Hambali, akan memudahkan pemilik kendaraan mengontrol motornya masing-masing. Apalagi hampir setiap orang sudah memliki ponsel pintar. “Spesifikasi handphone minimal pakai OS ICS (Ice Cream Sandwich),”papar Hambali.

“Cara kerja alat ini memanfaatkan bluetooth yang ada di android yang dikoneksikan dengan micro-controler. Sistem koneksi mobile wireless ini akhirnya berfungsi sebagai pengganti kunci sepeda motor. Dan secara signifikan mengurangi modus pencurian kendaraan bermotor,” ungkap Hambali optimistis.

Alien-Lox cocok untuk beragam jenis motor. Alat ini menawarkan banyak fitur menarik yang mudah digunakan. Misalnya, untuk menghidupkan motor, Anda cukup menyentuh layar ataupun menggoyangkan ponsel pintar (Touch or Share to Start). Motor juga bisa di-starter dan klakson lewat panggilan suara.

Ada pula fitur Bike Finder yang membantu Anda menemukan posisi dan letak motor di lapangan parkir. “Jika sudah pakai Alien-Lox, di aplikasi terinstall nanti cukup klik find me, maka motor akan mengeluarkan sinyal suara, jadi bisa hemat waktu,” lanjut mahasiswa pecinta elektronika ini.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 53

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia