Teknik Berkendara Sepeda Motor Trail

Created on Tuesday, 12 December 2017
Jenis ban yang cocok dan gerakan badan yang tepat menjadi kunci kenyamanan bermotor trail. Untuk keamanan maksimum helm yang digunakan pun jenis khusus berstandar tinggi.

 

Belum lama ini Presiden Joko Widodo menunggangi sepeda motor jenis trail saat blusukan ke kawasan Muara Gembong Bekasi. Ini bukan kali pertama orang nomor satu di Indonesia itu menggunakan motor trail. Sebelumnya saat meninjau pembangunan jalan Trans Papua, Jokowi juga menggunakan motor trail.

Penggunaan motor trail di Indonesia belakangan ini cenderung meningkat. Kegiatan off road menggunakan jenis motor jangkung ini memang mengasyikkan bagi penggemarnya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pemula. Selain kondisi mesin, pemilihan ban yang tepat untuk medan off road sangat penting. Pasalnya, ban yang dipilih akan berpengaruh pada kenyamanan, kestabilan kemudi, dan keamanan di medan off road. Terlebih kondisi medan di alam bebas yang tidak mudah ditebak.

“Ban motor trail untuk off road terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe hard, intermediate, dan soft.  Setiap tipe mewakili kualitas serta kenyamanan melibas medan off road,” kata Off Roader, Wisnu Guntoro.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia