Apollo Mendarat di Bulan itu Hoaks Terbesar

Donald Trump kembali membuat kejutan, Presiden ke-45 AS ini juga menggebrak masyarakat ilmiah. Melalui penasihat sains kepresidenan, mereka membuat pernyataan kontroversial dengan menyebut misi pendaratan di bulan sebagai kebohongan besar. 

Menguji Orisinilitas Penemu Amerika

Christopher Columbus [30 Oktober 1451 - 20 Mei 1506] sudah lama dipercaya sebagai penemu benua Amerika. Saudagar penjelajah asal Genoa, Italia ini konon  mendarat pertama di pantai  Amerika pada 12 Oktober 1492. Belakangan posisi Columbus terancam seiring beberapa temuan arkeologis baru di sana.

Mencegah Tua atau Kembali Muda, Mungkinkah?

Mencegah proses penuaan atau kembali menjadi muda adalah harapan banyak orang. Secara teori, ini juga masuk akal dengan mengendalikan gen ‘pemarka’ penuaan. Tetapi, mungkinkah itu dapat diwujudkan secara empiris. Lantas, bagaimana sains dapat menjelaskannya?

Nobelis Kedokteran Yoshinori Ohsumi Berjasa Menguak Rahasia Autophagy

Yoshinori Ohsumi masih bekerja di Lab Tokyo Institute of Technology saat Komite Nobel Swedia Karolinska Institutet mengontaknya. Senin (3/10) dia ditetapkan sebagai  Nobelis Kedokteran 2016 karena berjasa menguak rahasia detoksikasi sel (autophagy).

Fruktosa: Mengubah Gen, Memicu Aneka Penyakit

Sudah banyak diketahui,  gula (pemanis) bukan pilihan sehat. Tetapi, apakah Anda tahu  menu fruktosa tinggi dapat merusak otak, melemahkan memori, dan mengurangi kemampuan nalar? Penelian terbaru  Universitas California menunjukkan, fruktosa dapat merusak ratusan gen otak. 

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia