Perpustakaan Desa Terbaik Ada di Cilacap

Created on Monday, 02 June 2014

Didik (39) tak menyangka, di sebuah desa yang jauh dari keramaian ditemukan sebuah perpustakaan dengan koleksi komplet seri buku ensiklopedia ilmiah terlengkap berbahasa Inggris Encyclopaedia Britannica.

 

Tak jauh dari rak tempat ensiklopedia tersebut diletakkan, dia menemukan seri Great Books of The Western World, koleksi buku yang memuat ide-ide dari para pemikir tersohor dunia barat. Di sana juga terdapat seri The New Book of Popular Science dan koleksi lainnya yang biasa dimiliki oleh perpustakaan sekolah atau universitas.

Pada hari itu, Didik kebetulan sedang bertamasya ke Museum Soesilo Soedarman di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Di belakang museum, tepat di atas kantin sebelah kolam renang dan taman bermainlah, perpustakaan bernama “Indra Jaya” itu berada.

Didik mengaku kagum akan lengkapnya koleksi di perpustakaan ini. Ia menemukan banyak buku dari berbagai tema, mulai dari Iptek, kenegaraan, militer, biografi, novel, sampai buku populer. Menurut Direktur Museum Soesilo Soedarman, Apoli Purini (Ungki), sebagian besar koleksi buku diperoleh dari koleksi pribadi keluarga almarhum Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman.

Adalah Prof Dr Indroyono Soesilo, anak pertama dari sang jenderal, yang menaruh perhatian paling besar. Indroyono yang kini menjabat sebagai Direktur Sumberdaya Perikanan dan Akuakultur FAO di Roma mengumpulkan buku-buku yang diperolehnya dari berbagai kementrian, lembaga, TNI, dan Polri, serta koleksi bukunya sendiri untuk melengkapi koleksi buku di perpustakaan. Olehnya, perpustakaan Indra Jaya itu diklaim sebagai Perpustakaan Desa Terbaik se-Indonesia.

“Dia (Indroyono) ingin mendidik masyarakat desa, supaya enggak ketinggalan zaman,” ujar Ungki kepada Majalah Sains Indonesia ketika ditemui di Cilacap, belum lama ini. Wanita yang juga merupakan sepupu Indroyono itu kini bertanggung jawab atas perpustakaan Indra Jaya.

Artikel selengkapnya bisa Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 30

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia