Kementan Pastikan Stok Aman Selama Musim Paceklik

Created on Thursday, 11 January 2018
Pemerintah berupaya keras mengamankan pasokan dan mengendalikan harga pangan. Di musim paceklik pun upaya menggenjot produksi tetap berjalan.

 

Hamparan padi menguning siap panen membentang luas di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Tak tampak kondisi paceklik akibat tingginya curah hujan yang terjadi setiap akhir tahun. 

Kondisi serupa terjadi di berbagai daerah baik di Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat, bahkan di daerah non sentra padi seperti Maluku Utara dan Nusa Tenggra Timur. Ada perubahan strategi Kementerian Pertanian menghadapi musim paceklik yang diperkirakan berlangsung hingga awal 2018. Melalui Upsus atau upaya khusus, pemerintah menggenjot produksi padi di saat musim paceklik sekalipun.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, strategi itu untuk memastikan terjaganya stabilitas pasokan dan harga beras hingga awal 2018, sebelum musim panen raya. Sebulan terakhir, Ia mengaku sudah keliling ke banyak provinsi dan kabupaten, dimana panen terjadi selama Desember 2017.

“Pekan lalu saya panen di Karawang lanjut di Maluku Utara. Dimana-mana panen. Saat ini tiada hari tanpa panen di Indonesia. Lupakan masa paceklik,” kata Agung.

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 73 Januari 2018

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia