KEK Bekasi – Purwakarta: Pusat Ekonomi Kelas Dunia di Timur Jakarta

Created on Tuesday, 12 December 2017
Geliat pertumbuhan yang makin “menggila” di timur Ibukota, kian mendorong perlunya mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bekasi – Purwakarta. 

 

Berbagai infrastruktur terus dibangun di Jawa Barat bagian utara. Jika kawasan ini kemudian dijadikan KEK Bekasi – Purwakarta, kawasan di timur Jakarta itu pun bisa berkembang menjadi pusat kegiatan ekonomi kelas dunia. Lalu, seperti apa konsepnya? 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B Pandjaitan, mengatakan pemerintah masih menggodok dan mengkaji rencana pengembangan kawasan Bekasi – Purwakarta. Yang pasti, pengembangan itu akan terintegrasi dengan konsep megapolitan Jakarta – Bandung, yang kini sedang dibenahi penataan maupun pembangunan infrastrukturnya. 

Dalam rapat koordinasi dengan sejumlah menteri dan kepala daerah beberapa waktu lalu, Menko Luhut memaparkan, potensi laut di wilayah Indonesia begitu melimpah. Namun, sejauh ini yang digarap dan dimanfaatkan baru yang berada di seputar Pulau Jawa. “Pemanfaatan potensi kemaritiman dan kegiatan ekonomi, sekitar 58 persen masih terpusat di Jawa, dan 22 persen di Sumatra. Wilayah lain masih sangat minim,” katanya. 

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia