Proyek Pelabuhan Patimban Sesuai Harapan

Created on Thursday, 09 March 2017
Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat akan berjalan sesuai harapan. Berbagai persiapan telah mendekati final sehingga sebelum akhir 2017, proyek kerja sama dengan Jepang ini dapat dimulai.

 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan hal yang paling mendasar dalam menyiapkan persyaratan proyek, sudah dipenuhi. Syarat tersebut adalah perubahan Rencana Detil Tata Ruang (RTDR) Provinsi Jawa Barat. Hal ini dilakukan karena, semua rencananya pelabuhan dibangun di Cilamaya, Kabupaten Karawang, namun bergeser ke Patimban. 

“Hanya itu saja yang paling mendasar. Hal lainnya, sudah tidak ada masalah, termasuk mengenai pendanaan, sehingga kami optimistis semua akan berjalan seperti yang diharapkan pemerintah,” kata Ahmad Heryawan, seusai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, beberapa waktu lalu.

Pelabuhan Patimban berlokasi di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang. Pelaksanaan proyek ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2016 tentang Penetapan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat sebagai Proyek Strategis Nasional. Perpres tersebut ditandata-ngani Presiden Joko Widodo pada 25 Mei 2016. 

Selain itu, pembangunan Pelabuhan Patimban juga mengacu pada Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. “Sehingga jika ada kesan pembangunannya kok seolah dipaksakan harus cepat dimulai, ya karena ini perintah Presiden. Kami sangat mendukung proyek ini, karena dampaknya akan besar bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat,” ujar Ahmad Heryawan. 

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 63

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia