P3DSPBKP Pusat Unggulan Iptek Bioteknologi Kelautan

Created on Thursday, 03 November 2016
Pusat bioteknologi kelautan telah menghasilkan aneka paket teknologi bidang pangan, kosmetika, biomedis, energi terbarukan, dan nutrasetikal.

Rekam jejak riset Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (P3DSPBKP), sebelumnya bernama Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4BKP), bisa dilihat dari banyaknya capaian dan penghargaan yang diterima lembaga yang embrionya sudah ada sejak 1980 itu.

Saat ini P3DSPBKP merupakan Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk Bioteknologi Kelautan dan Perikanan. Pusat Unggulan Iptek adalah suatu organisasi yang sudah mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bertaraf internasional pada bidang spesifik secara multi dan interdisiplin dengan standar hasil yang sangat tinggi serta relevan dengan kebutuhan pengguna Iptek.

Sebagai PUI, P3DSPBKP sudah banyak menghasilkan produk inovasi yang bisa dikerjasamakan dengan pihak industri. menghasilkan inovasi-inovasi riset dan juga teknologi yang dapat dimanfaatkan pengguna baik masyarakat, industri, dan juga pemerintah. Sasaran utama peneliti dalam menjalankan riset, menghasilkan penemuan, dan inovasi adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing bangsa.

Kepala P3DSPBKP, Nugroho Aji menjelaskan, ada tiga bidang penelitian dan satu satuan kerja pendukung di bawah P3DSPBKP. Pertama, Bidang Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk. Kegiatan bidang ini meliputi pengembangan proses, diversifikasi produk, inovasi produk tradisional, proses pembekuan, proses pengalengan dan proses reduksi (tepung ikan, minyak ikan), termasuk optimasi pemanfaatan limbah perikanan dan hasil samping secara optimal untuk mendapatkan nilai tambah dan berdaya saing tinggi untuk produk pangan dan non pangan.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 59

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia