Bahu Membahu Menghalau Api

Dua tahun berturut-turut, Indonesia bebas bencana asap dari kebakaran hutan dan lahan. Acungan jempol untuk semua pihak yang bahu membahu menghalau api. 

Teknologi Berbasis GIS Efektif Halau Kebakaran Lahan

Sebelum memakai sistem berbasis teknologi GIS, hanya menggunakan data hot spot dan peta lokasi. Sehingga hasilnya tidak maksimal, karena tidak dapat mendeteksi dini munculnya api. Pemantauan dengan tower, juga baru bisa melihat api ketika sudah cukup membesar.

Waspada Bencana Jelang Puncak Musim Hujan

Menjelang puncak musim hujan, potensi cuaca ekstrem mulai meningkat. Sejumlah daerah rawan diimbau untuk menetapkan siaga bencana.  

Mewaspadai Penyakit Setelah Banjir Surut

Saat banjir surut, ada bencana lain mengancam. Kondisi lingkungan yang buruk, karena luapan sungai maupun saluran air di permukiman, berpotensi memunculkan wabah penyakit.

Bila Cuaca Tak Lagi Mendukung

Titik api (hot spot) mulai bermunculan di Sumatra, sejak awal Januari 2017. Seluruh Pemda diminta meningkatkan kewaspadaan dan siaga dini, menghalau api agar tak berlanjut jadi bencana asap.

Ketika Siklon Tropis Menyapa

Menjelang awal tahun 2017, wilayah Jakarta dan sekitarnya dilanda angin kencang. Sedangkan, Bima dan beberapa kabupaten di Nusa Tenggara Barat, diterjang banjir bandang.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia