Lendir Siput Ampuh Atasi Kebocoran Jantung

Created on Tuesday, 12 December 2017
Perekat berbahan dasar lendir siput lebih kuat dan elastis serta bisa menyembuhkan luka lebih cepat.

 

Kabar gembira datang bagi penderita jantung bocor di Indonesia, penyakit yang disebabkan oleh  adanya lubang pada sekat jantung. Sejumlah mahasiswa dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menciptakan perekat super kuat berbahan dasar lendir siput (Achtina sp.) Mereka adalah Juliani Nurazizah Setiadiputri, Hana Zahra Aisyah, Putri Nurfriana Ramadhani, Putri Desyntasari dan Diana Fitri.

Penyakit jantung bocor terjadi pada anak-anak serta bayi, meski dalam beberapa kasus terdapat orang dewasa yang terkena kelainan ini. Umumnya karena bawaan atau keturunan. Ibu yang merokok atau terpapar asap rokok selama masa pembuahan memiliki risiko cukup tinggi bayinya nanti terkena jantung bocor. Bisa juga karena konsumsi berbagai jenis obat, terpapar rontgen, atau penyakit genetik yang diderita si ibu saat hamil.

Menurut Juliani, penderita penyakit ini mengalami abnormalitas struktur makroskopis jantung atau pembuluh darah besar intratoraks. Padahal pembuluh ini mempunyai fungsi pasti atau potensial yang penting. Solusi yang kerap digunakan untuk menangani masalah ini adalah dengan tindakan operasi. Untuk menutup kebocoran, tindakan yang dilakukan adalah menjahitnya (sutures) ataupun dengan staples.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia