Eco League 2016: Berbagi Semangat dan Inspirasi Hijau

Created on Tuesday, 17 January 2017
 

 

Daun-daun pohon maple, yang berwarna merah dan kuning, terhampar di jalanan. Hembusan angin  dingin menyambut warga dan tamu  kota Seongnam, Korea Selatan. Akhir musim gugur tahun ini telah berlangsung Eco-League for International University Student, salah satu forum ilmiah mahasiswa pecinta lingkungan hidup.

Penulis hadir mewakili Kementerian Pertanian dan Lingkungan Hidup, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (PLH BEM KM) IPB.  Merupakan tahap final dari rangkaian ajang kompetisi Green Project, acara ini telah memberi pengalaman berharga bagi mahasiswa. PLH BEM KM berhasil menjadi salah satu pemenangnya.

Dimulai sejak bulan Agustus 2016 kompetisi tingkat mahasiswa tersebut adalah inisiasi dari salah satu NGO lingkungan asal Korea Selatan yang bernama Daejayon. Daejayon aktif melakukan berbagai aksi lingkungan di bebe-rapa negara yang telah menjadi mitra. Salah satunya adalah Indonesia, yang sejak tahun 2012 sempat melakukan kolaboraksi hijau untuk pemuda.

Kegiatan forum Eco-League Daejayon berlangsung pada 23 November 2016 di Convention Hall Universitas Gachon, Seongnam, Korsel. Ikut hadir antara lain President Daejayon (Lee Hye-gyong), Senior Advisor dari KLHK Indonesia (Ilyas Asaad), IUCN Councillor (Suh Young-bae), Dosen Universitas Gottingen (Peter Scmuchk), Halla University (Kim Ock-Hyen), Deputy Director of Environmant Department Kathmandu Nepal (Rabindra Kumar Rai), serta lebih dari 200 mahasiswa Korea Selatan yang aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan.  Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami telah bertemu dan bertukar informasi de-ngan para pegiat lingkungan dari berbagai penjuru dunia.

Ada tiga finalis yang berbagi cerita tentang aksi lingkungan. Mereka  adalah  Kathmandu University (Nepal), Sinngu College, dan Kookmin University (Korea Selatan). Selama forum berlangsung,  panitia penyelenggara menerapkan nilai-nilai peduli lingkungan. Seluruh peserta membawa botol minuman masing-masing, tamu undangan dibekali satu gelas minum refill, peserta tidak menggunakan elevator dan lift, dan semua undangan wajib membawa ecobag. 

Sangat senang rasanya mencoba berbagi semangat kelingkungan di sana. Kami mendapat kesempatan mempresentasikan green project yang telah dilakukan selama masa kepengurusan di PLH BEM KM IPB 2016. Program lingkungan kami adalah IPB Green Living Movement 2016, Sebagai bagian dari Green Campus IPB, Green Movement menjadi poin utama untuk penerapan gaya hidup hijau di kalangan mahasiswa. Memang, presentasi sepuluh menit terasa kurang untuk bercerita banyak hal tentang aksi kami di kampus dan sekitarnya. Tetapi, ini ke-sempatan berharga untuk bisa  berbagi semangat hijau ke semua orang. 

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 61

 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia