Memproduksi Minyak Goreng Dari Ulat Jerman

Ulat Jerman mengandung minyak dengan kadar lemak dan kolesterol rendah, sehingga lebih sehat. Biaya produksi sangat murah sehingga memberi peluang bagi masyarakat menengah-bawah berwira usaha dengan modal dan risiko rendah.

Lembu Gama: Sapi Premium Hasil Hilirisasi Riset UGM

Umurnya baru dua tahun. Namun bobot badannya sudah di atas 0,5 ton. Itulah Lembu Gama, sapi premium hasil persilangan segitiga antara sapi Brahman, Wagyu, dan Belgian Blue.

Edelweis, Tas Sabut Kelapa Buatan Mahasiswa IPB

Setiap tahun produksi buah kelapa Indonesia mencapai 5,6 juta ton. Dari jumlah itu sebanyak 1,7 juta tonnya berupa sabut kelapa. Meski sudah banyak upaya pemanfaatan sabut dan batok kelapa, namun volumenya masih kecil. Sebagian besar terbuang menjadi limbah.

Eco League 2016: Berbagi Semangat dan Inspirasi Hijau

 

Produktivitas Nila Unggul IPB Capai 5,8 ton/Ha

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) mengembangkan jenis nila merah (Oreochromis sp) unggul. Namanya IPB C-1. Hasil panen di kolam percobaan IPB mampu menghasilkan produktivitas sekitar 5,8 ton/hektare dengan umur pemeliharaan lima bulan.

Silika dari Ampas Tebu Lebih Hemat 62%

Panel surya berbahan baku silikon dari ampas tebu lebih hemat hingga 62%. Temuan ini bisa mempercepat pembangunan pembangkit listrik tenaga surya yang ditargetkan 50 MW/tahun. 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia