Daun Binahong Miliki Beragam Khasiat

Created on Tuesday, 12 December 2017
Daun binahong memiliki banyak khasiat. Di antaranya mengatasi luka luar pada kulit, hingga luka dalam akibat operasi usai melahirkan.

 

Manfaat binahong sebagai obat terkenal sejak lama. Saat perang Vietnam, ta-naman ini terbukti mampu menyembuhkan luka secara cepat. Daun binahong cukup diku-nyah, lalu dibalurkan pada luka, dan tidak perlu waktu lama, tentara Vietnam yang terluka parah siap berperang kembali melawan Amerika Serikat (AS). Luka tersebut akan cepat menutup dan tidak berbekas. 

Selain mengobati luka luar, daun binahong juga menyembuhkan luka di dalam tubuh. Penyakit seperti radang paru-paru, tifus, radang lambung, dan radang usus, bisa sembuh dalam waktu relatif singkat karena binahong memiliki kandungan bakterisida yang mampu meng-obati berbagai gangguan kesehatan tersebut. Saking mujarabnya, banyak orang kemudian menganggap tanaman herba bernama latin Anredera cordifolia ini memiliki kekuatan mistis.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, jenis herba yang berasal dari kawasan China, Taiwan, dan Korea ini mengandung berbagai macam zat dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah antioksidan, asam arkobat, total fenol, protein, alkaloid, flavanoid, saponin, dan minyak asiri. 

Flavanoid merupakan komponen utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Alkaloid berperan sebagai antioksidan yang mendukung regenerasi sel dan membasmi radikal bebas. Saponin berperan memacu pembentukan kolagen, sejenis protein yang berperan dalam penyembuhan luka. Adapun minyak asiri bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia