Obati Kanker dengan Perkuat Kekebalan Tubuh

Created on Tuesday, 12 December 2017
Iptek terus berkembang untuk menyembuhkan kanker. Salah satu terobosan yang berhasil dikembangkan adalah terapi kanker dengan memanipulasi sistem imun. Terapi ini dikenal dengan istilah imunoterapi.

 

Secara singkat, imunoterapi bekerja memperkuat daya tahan tubuh (imunitas) untuk melawan sel kanker di dalam tubuh manusia. Direktur Stem Cell and Cancer Institute (SCI), dr Sandy Qlintang mengungkapkan, metode imunoterapi merupakan terobosan baru dalam terapi kanker yang sangat menjanjikan.

Metode ini memanipulasi sistem imun tubuh untuk menyerang sel kanker dengan memanfaatkan spesifisitas (tes apakah seseorang terserang penyakit atau tidak), kapasitas memori, dan potenso sel-sel imun untuk mengenali sel target sehingga hasil yang diberikan jauh lebih aman, efektif, long lasting terhadap berbagai jenis kanker.

Sebagian besar obat dan terapi kanker saat ini berbasis konvensional, seperti pembedahan, kemoterapi, radiasi, dan obat target yang secara langsung membunuh sel tumor. Walaupun efektif membunuh sel kanker, namun efek sampingnya masih menjadi kendala dan berimplikasi pada tingkat survival. 

“Immunoterapi ini diyakini akan menjadi dasar terapi masa depan untuk menggantikan obat dan terapi konvensional tersebut,” ungkap dr Sandy Qlintang kepada Majalah Sains Indonesia di sela seminar ilmiah berseri “Dr Boenjamin Setiawan Distinguished Lecture Series (DBSDLS) 2017” di Jakarta (4/11).

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 72 Desember 2017

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia