Sehat Dengan Daun Gambir

Created on Tuesday, 31 January 2017
Daun gambir ternyata memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi. Dan tahukan Anda, senyawa ini bersifat sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

 

Sejak dahulu, gambir telah digunakan sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tanaman ini mengan-dung senyawa polifenol meliputi tanin, katekin, dan gambiriin yang bersifat sebagai antioksidan. Seluruh senyawa tersebut bermanfaat untuk mengobati penyakit atau menangkap radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh. Sebagaimana diketahui, diet yang kaya antioksidan akan menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan proses degeneratif penuaan.

Karena manfaatnya, tanaman ini tidak luput dari perhatian negara-negara lain dan menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan. Selama ini gambir sudah diekspor ke berbagai negara, terutama ke India, Pakistan, Singapura, Thailand, dan Malaysia. Pada 2014, ekspor gambir (dalam bentuk mentah) tercatat mencapai 14 ribu ton ke 10 negara di dunia dengan jumlah terbesar ke India mencapai 12 ribu ton. Indonesia bahkan memasok sekitar 90 % kebutuhan pasar dunia.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 62

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia