Mewujudkan Geoid Indonesia

Badan Informasi Geospasial (BIG) terus berupaya melakukan percepatan mewujudkan geoid Indonesia. Pasalnya, kebutuhan terhadap model geoid semakin mendesak. Pesatnya pemakaian GPS untuk berbagai keperluan rekayasa dan survei pemetaan dinilai menjadi salah satu penyebabnya.

Butuh Lebih Banyak SDM Berkualitas

Di tengah gap antara ketersediaan dan kebutuhan SDM, serta pemberlakuan MEA, Indonesia berpotensi menjadi pasar bagi tenaga kerja dan pengusaha informasi geospasial dari negara tetangga.

Membangun Peta Geososial

Peta masa depan diharapkan tidak hanya mengungkap data spasial saja. Tapi juga mampu menunjukkan seluruh keberagamanan kondisi sosial masyarakat secara komprehensif, dari Sabang sampai Merauke. Data geososial inilah yang akan membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan.

Pemetaan Garis Pantai Jadi Acuan Kebijakan

 

Sebagai salah satu data paling strategis untuk membantu penentuan luas wilayah negara, pemetaan garis pantai harus terus diperbarui. Ketersediaan data paling mutakhir juga sangat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan pembangunan.

Peta Desa Selesaikan Konflik Wilayah Perbatasan

 

Batas daerah yang tidak jelas adalah pemicu konflik di kawasan perbatasan karena setiap wilayah mengklaim memiliki data terkait batas administrasinya masing-masing. Dengan peta desa, konflik sosial tersebut  bisa diminimalisir

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia