Dwiani Indraningsri: Dongeng dan Lagu untuk Anak Indonesia

Created on Friday, 22 May 2015
Belasan bocah kelas dua SDN 02 Lebak Bulus Jakarta Selatan itu tampak senang. Dengan riang, mereka bernyanyi. Memeragakan salah satu lagu dari buku cerita musikal Petualangan Lila dan Zio. 

 

Ikut bernyanyi pula, Dwiani Indraningsri, si penulis buku.  Tepuk tangan meriah pun bersahutan, mengiringi pentas singkat tersebut. Najwa dan teman-temannya pun kembali ke tempat duduk. Dia dan teman-temannya kemudian saling berbisik. Mengungkapkan kegembiraan akan pengalaman mengesankan hari ini, bertemu kembali dengan Kak Indri, begitu Dwiani Indraningsri, biasa disapa.

Di Jakarta, Sabtu 2 Mei 2015 bertepatan de ngan peringatan Hari Pendidikan Nasional, buku cerita musikal Petualangan Lila dan Zio diluncurkan. Dalam sambutannya, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan me-ngatakan buku ini merupakan sumbangan luar biasa bagi dunia pendidikan di Indonesia.  

“Buku ini istimewa karena tidak hanya berisi dongeng menarik, tapi juga lagu yang menginsiprasi dan bisa membentuk karakter anak-anak. Selama ini anak-anak kita dijejali dengan musik dan lagu-lagu yang kurang pantas. Cerita dan lagu dalam buku ini membawa pesan yang baik. Saya berharap akan lebih banyak anak Indonesia yang bisa membaca buku ini,” kata Anies. 

Buku cerita musikal Petualangan Lila dan Zio merupa-kan karya pertama Indri. Perempuan 29 tahun ini mengakui, idenya muncul  ketika ia menempuh studi di Boston University, Amerika Serikat. Saat mengambil gelar Master of Music Education di universitas itu, Indri sempat melakukan beberapa riset. Sebab, ia melihat di sana anak-anak, bahkan di usia Balita pun sudah sangat mengenal tangga lagu dan pandai memainkan alat musik. 

“Sungguh mencengangkan. Anak-anak di Amerika Serikat sudah punya kemampuan bermusik yang tinggi. Ini menggugah saya untuk menerapkannya di Indonesia. Karena saya yakin, musik akan meningkatkan imajinasi dan bisa merangsang anak untuk lebih kreatif. Semoga dongeng dan lagu-lagu dalam buku ini bermanfaat bagi anak-anak Indonesia,” kata Indri.

Sudah Menyatu  

Kemampuan bermusik Indri diacungi jempol oleh para musisi kawakan, di antaranya Adie MS. Indri sudah sering mengasah kemahiran memainkan berbagai jenis alat musik sejak masih belia. Namun, menurut Adie, munculnya buku Petualangan Lila dan Zio tetaplah luar biasa. “Lagu-lagu anak yang diciptakan Indri bagus sekali, menanamkan nilai moral pada anak. Lagu seperti ini sulit kita temukan sekarang,” kata Adie. 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 42

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia