Mewaspadai Cuaca Ekstrem

Created on Thursday, 11 January 2018

 

Tahun Baru 2018 akan berlangsung di bawah cuaca ekstrem, berupa hujan dengan curah tinggi serta gelombang tinggi. Peringatan itu datang dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Perkiraan BMKG soal cuaca ekstrem tentunya harus diantisipasi oleh kita semua hingga Februari 2018 mendatang.

Selain hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, juga harus diwaspadai  longsor dan banjir, serta peningkatan tinggi gelombang laut terutama di wilayah Perairan Barat Sumatera, Laut Natuna, Laut Jawa, Laut Banda dan Perairan Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

Munculnya badai atau siklon tropis Cempaka yang kemudian disusul siklon tropis Dahlia pada awal Desember, harus menambah kewaspadaan. Badai yang pertamakalinya menghantam Indonesia mengakibatkan bangunan dan infrastruktur di sejumlah wilayah porak poranda.

Belajar dari Jepang, anak usia dini sudah diajari dengan sikap antisipasi apabila terjadi bencana gempa bumi, tsunami dan lainnya. Sehingga masyarakat lebih siap menghadapi bencana. Sadar akan (potensi) bencana menjadi sangat penting. Apalagi, bila itu bisa menjadi gaya hidup atau kebiasaan yang terbentuk sejak dini.

Redaksi

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia