Kemandirian Pangan

Created on Thursday, 28 November 2013
Upaya mewujudkan kemandirian pangan akan makin terasa berat dengan adanya pemanasan global. 

Upaya mewujudkan kemandirian pa-ngan akan makin terasa berat dengan adanya pemanasan global. Sektor pertanian, yang berfungsi sebagai penyuplai bahan makanan di Tanah Air terkena dampak dari pe-manasan global tersebut. Sektor pertanian untuk waktu mendatang memerlukan perhatian yang lebih karena efek pemanasan global. Memang, sektor pertanian, telah menjadi perhatian banyak pihak, terlebih jajaran Kementerian Pertanian. Berbagai inovasi budidaya aneka macam tanaman terus dilakukan. Perjuangan meningkatkan produksi dan kualitas terus diupayakan.

Problem pemanasan global yang muncul membuat para peneliti harus mengaji ulang aneka tanaman pertanian yang sudah menjadi tradisi dari waktu ke waktu. Persoalan pemanas-an global harus menjadi salah satu faktor dalam melihat masalah-masalah pertanian karena akan berpengaruh terhadap produktivitas tanaman pangan dan ketersediaan air.

Mengakhiri tahun 2013, menjadi waktu yang tepat untuk menyatukan semangat segenap komponen bangsa untuk menyiasati pemanasan global dengan langkah yang lebih padu pada tahun 2014. Hal itu menjadi syarat mutlak guna mewujudkan kemandirian pangan di Indonesia.

Saatnya kita semua bisa melakukan gerakan nyata di sekitar kita dengan memanfaatkan sumberdaya lokal guna mewujudkan kemandirian pangan di Tanah Air. Kemandirian pangan sesungguhnya akan lebih mudah diwujudkan, jika masyarakat kompak meningkatkan produksi pangan lokal mereka dan mengonsumsinya.

Artikel selengkapnya bisa anda baca di Majalah SAINS Indonesia Edisi 24

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia