Panen Padi Setiap Hari Bukti di Bali Tidak Paceklik

Created on Wednesday, 10 January 2018

 

Minggu pertama bulan Januari panen padi di Bali terus berlanjut. Selain panen terlihat juga ada beberapa petani yang sedang  tanam padi.  

Menurut Kepala BPTP Balitbangtan Bali Dr. I  Made Rai Yasa, panen  dalam satu pekan belakangan terus ada setiap hari. " ini bukti di Bali bulan ini tidak paceklik" ujarnya menambahkan. 

Oleh Petugas Pendamping Upsus BPTP Balitbangtan Bali Panen hari ini 8 Januari 2018 di Bali seluas 53,8 ha, dari potensi  119 ha yang siap panen. Panen ada di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Tabanan, Gianyar dan Karangasem.

Panen di Kabupaten Tabanan berada di Subak Pangkuan Lengkuas, Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur dengan luas potensi panen seluas 15 ha hari ini dipanen seluas 6 ha. Varietas yang di tanam adalah Varietas Singkil dengan produktivitas 4, 6 ton/ha.

Sedangkan di Kabupaten Gianyar panen terpantau ada di tiga subak yaitu,
1). Subak Selukat Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh. Luas Potensi panen  35 ha yang dipanen hari ini seluas 20 ha. Varietas yang di panen Cigelis dengan produktivitas 7,8 ton/ha.
2). Subak Temoyang Kaja, Desa Celuk,Kecamatan Sukawati, Luas Potensi panen 23 ha dipanen hari ini seluas 1 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,8 - 7.,0 ton/ha.
3). Subak Batang, Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring. Luas Potensi panen  16 ha yang dipanen seluas panen 1,8 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,2 ton/ha. 

Yang terakhir di Kabupaten Karangasem juga tidak mau ketinggalan walaupun masih dalam kondisi terdampak erupsi Gunung Agung petani masih semangat untuk memanen padi. Subak yang panen adalah Subak  Gunung, Desa Ababi Kecamatan Abang dari luas Potensi panen  30 ha dipanen hari ini seluas 5 ha. Varietas Ciherang dengan produktivitas 6,7 ton/ha.

Kegiatan panen padi oleh petani di setiap subak, baik di Kabupaten Gianyar, Tabanan maupun Karangasem selalu didampingi oleh, UPTD, PPL, maupun Petugas Upsus dari BPTP Balitbangtan Bali.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia