2017 Program Teaching Industry Lahirkan 15 Produk Inovasi

Created on Friday, 05 January 2018

 

Jakarta, Sains Indonesia –  Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengembangkan program teaching industry untuk peningkatan inovasi di perguruan tinggi. Tahun 2017 melalui program ini berhasil melahirkan 15 produk inovasi. Di luar itu sebanyak 4 produk dalam tahap uji coba dan 14 produk tahap trial production. Selain itu 6 Production Line terbangun salah satunya adalah Production Line Buah Tropika (Revolusi Orange)-IPB.

Hal itu dikatakan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhamad Nasir dalam acara Bedah Kinerja 2017 dan Fokus Kinerja 2018, di Gedung Ristek Dikti Jakarta,Kamis (4/1).

Menapaki tahun 2018, Kemenristekdikti berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja demi mencapai sasaran strategis yaitu meningkatnya kemampuan iptek dan inovasi, meningkatnya relevansi, kuantitas, dan kualitas pendidikan tinggi, serta terlaksananya reformasi birokrasi. Untuk itu, Kemenristekdikti akan fokus pada pelaksanaan dan pencapaian program prioritas 2018 yaitu Pendirian Politeknik dan Prodi Khusus untuk Kebutuhan Industri, dan Pengelolaan/Pengembangan PTN Baru dan Akademi Komunitas.

Selain itu ada program pembukaan Prodi Khusus Blok Masela, Revitalisasi LPTK, Beasiswa SM3T/PPG/PPGT bagi Guru, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa ADik Papua dan 3T, Pengembangan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi dari Perguruan Tinggi, Pengembangan Teaching Factory, Pengembangan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, dan Penguatan Inovasi Litbang di Industri.

Setia Lesmana

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia