Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Meningkat

Created on Wednesday, 08 November 2017

puncak musim hujan, yang diperkirakan terjadi pada Desember 2017 hingga Februari 2018, potensi hujan lebat saat ini mulai meningkat 

 

Jakarta, Sains Indonesia - Menjelang puncak musim hujan, yang diperkirakan terjadi pada Desember 2017 hingga Februari 2018, potensi hujan lebat saat ini mulai meningkat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, masyarakat agar lebih waspada, dan selalu memperhatikan informasi cuaca dan peringatan dini yang disampaikan.
Selain potensi hujan lebat, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo, mengatakan, masyarakat juga perlu mewaspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi.

BMKG memprakirakan, di hampir semua wilayah perairan di Indonesia berpotensi muncul gelombang tinggi antara1,25 hingga 2,5 meter. Antara lain di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeuleu hingga Kepulauan Mentawai. Lalu di perairan Bengkulu hingga barat Lampung. Laut Cina Selatan, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba.

Di Selat Bali, Selat Lombok, Selat Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan utara Kepulauan Anambas, Kepulauan Natuna, perairan selatan Kepulauan Tanimbar hingga Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru.
"Dalam beberapa hari mendatang, diprakirakan ada peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. Masyarakat agar lebih waspada," kata Mulyono, di Jakarta, Selasa (7/11).
Hujan lebat berpotensi terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, dan Sumatra Selatan. Juga di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.
Henny Ariesta Diana

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia